Manfaat buah Pisang

manfaat buah pisang
buah pisang dan manfaatnya
blogekangmahmud.blogspot.com kali ini saya akan share tentang manfaat pisang dimana kita tahu bahwa Pisang adalah salah satu buah yang banyak dijuampai di pedesaan maupun perkotaan. Pisang kaya akan serat dan mengandung 3 macam gula alami yaitu glukosa, sukrosa, dan fruktosa, yang membuat pisang memiliki berbagai manfaat. Apa saja manfaat pisang bagi kesehatan? Berikut ulasannya:

beberapa manfaat pisang yang dapat kita rasakan yaitu:

 

1. Sebagai Sumber Tenaga yang baik.
Kandungan Gula dalam pisang  mudah dicerna  menjadi sumber tenaga, hal ini  sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.rasa lelah timbul akibat kekurangan kandungan gula dalam darah.

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan.
Kandungan serat yang dimiliki pisang membantu mengatur sistem pencernaan serta mempertahankan gerakan usus agar tetap teratur. Kandungan pektin yang ada pada buah pisang mampu mencegah terjadinya sembelit. Berdasarkan penelitian, secara rutin makan pisang dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kanker lambung yang berbahaya.

3. Dapat Melancarkan Peredaran Darah tubuh.
ini adalah manfaat Kandungan kalium dan potasium berfungsi untuk membantu sirkulasi tubuh, sehingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar. Kalium juga mampu membantu denyut jantung menjadi teratur, mengurangi resiko terjadinya penyakit stroke dan mengatur tekanan darah agar supaya normal.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak.
dengan mengkonsumsi pisang minimal 3 kali sehari sebagai pencuci mulut, untuk meningkatkan daya tangkap dan konsentrasi dan juga menjaga kesegaran tubuh.

5. Dapat Menurunkan Tekanan Darah.
Manfaat buah pisang berikutnya adalah menetralkan tekanan darah tinggi. Kadar kalium yang cukup tinggi dari buah pisang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi serta stroke. Itulah alasan mengapa para dokter sering menganjurkan pasien penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) untuk mengkonsumsi lebih banyak pisang.

6. Penambah Energi atau tenaga baru.
dengan memakan pisang kita akan lebih cepat kenyang, hal ini dikarenakan pisang kaya akan kandungan karbohidrat yang sehat. Karbohidrat inilah yang di cerna menjadi energi bagi tubuh kita.

7. Untuk Menjaga Kesehatan Mata.
Mengkonsuimsi setidaknya tiga buah pisang setiap hari dapat menurunkan resiko terjadinya gangguan pengelihatan, karena usia senja atau biasa disebut degenerasi makula.

8. Dapat Menurunkan Berat Badan.
Diet dengan makan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi 4 buah pisang dan 4 gelas susu non fat atau dapat juga dengan susu cair setiap hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, hal ini akan membantu menurunkan berat badan. Kalorinya hanya 1250 dan menu ini pas dan cukup menyehatkan tubuh.

nah...Itulah manfaat-manfaat buah pisang bagi kesehatan, yang mungkin sebagian orang tidak menyadarinya.kalo kita rajin mengkonsumsi pisang maka tubuh kita akan terasa sehat.

Jika anda tergolong seorang yang suka dengan buah yang satu enak ini, ga usah repot dalam  cara penyajiannya. Karena, buah pisang lezat untuk di konsumsi dalam bentuk apapun, bisa diolah sesuai selera kita. Semoga bermanfaat.terima kasih

Komentar