manfaat kulit manggis


manfaat kulit manggis
manfaat kulit manggis
Blogekangmahmud.blogspot.com,siapa orang yang tidak tahu manfaat kulit manggis bagi kesehatan? banyak dari kita hanya mengenal manggis sebagai buah yang berwarna ungu kemerahan dengan  daging buahnya yang manis dan segar, tapi bagaimana dengan kulitnya? Seringkali kita hanya membuangnya begitu saja,selama ini kita hanya menganggap kulit manggis sebagai sampah yang tidak berguna, kini orang mulai mencarinya untuk dikonsumsi.
kulit manggis mengandung  Xanthone yang merupakan zat aktif yang memiliki aktivitas antioksidan dan anti inflamasi, kulit buah manggis juga sangat kaya akan anti oksidan tinggi yang dapat mencegha dan  mengobati berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, kanker,stroke, diabetes, ginjal, hepatitis, AIDS, dan masih banyak yang lain.


di dalam Kulit manggis terdapat kandungan 50 senyawa xanthone. Xanthone merupakan bioflavonoid yang bersifat anti oksidan, anti bakteri, anti tumor, anti alergi, anti inflamasi dan anti histamin. Di alam ini terdapat sekitar 200 jenis xanthone dimana 50 jenis diantaranya berada pada buah manggis (Garcinia mangostana). Senyawa itu tersebar pada kulit buah dan biji, kulit batang, daun serta sebagian kecil pada daging buahnya.
       banyak penelitian telah dilakukan di berbagai negara untuk membuktikan bahwa di dalam kulit manggis yang pahit rasanya terdapat cukup banyak manfaat kulit manggis untuk kesehatan. Penelitian berbagai manfaat kulit manggis ini dilakukan di seluruh dunia tersebar di 4 benua, 12 negara dan semuanya memberikan hasil yang positif.  hal ini cukup menggembirakan bagi kita. Beberapa peneliti manfaat kulit manggis mengatakan bahwa kulit manggis efektif mengatasi berbagai macam penyakit berkat adanya senyawa yang bernama xanthone.
Kulit manggis terbukti  sangat efektif sebagai antioksidan. Antioksidan senyawa yang dapat mencegah terjadinya reaksi  terhadap oksidasi radikal bebas. Selanjutnya, antioksidan akan bereaksi dengan radikal bebas sehingga dapat mengurangi kemampuan radikal bebas untuk menimbulkan kerusakan.

manfaat kulit buah manggis tersebut bagi kesehatan ;

  • untuk menjaga  Kesehatan Tubuh kita dan dapat Meningkatkan Energi.

Jika dikonsumsi oleh kita dengan cara dibuat jus secara rutin maka jus kulit buah manggis dapat meningkatkan energi, memicu perasaan bahagia serta menambah stamina. Xanthone dari kulit manggis yang merupakan antioksidan tingkat tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mengontrol berbagai serangan penyakit.
  • Dapat Memperbaiki Elastisitas Sel Tubuh dan juga Menurunkan Berat Badan.

jus kulit manggis
jus kulit manggis
Kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang terdapat dalam kulit buah manggis dapat meningkatkan regenerasi sel-sel sehingga dapat memperlambat proses penuaan. Kandungan antioksidan pada kulit manggis mencapai 66,7 kali wortel dan 8,3 kali lebih baik dari kulit jeruk.  Sebagai antioksidan, xanthone  sangat efektif untuk mengikat radikal bebas yang merupakan penyebab dari rusaknya sel tubuh. Selain itu,xamthon tersebut juga dapat membantu dalam hal penurunan berat badan dengan cara menyeimbangkan kadar kortisol yaitu hormon yang dapat menstimulasi penumpukan lemak dalam tubuh.
  • kulit manggis dapat menyeimbangkan Sistem Kelenjar Endokrin.

senyawa bernama “Xanthone” akan  bekerja menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin. efek dari Sistem kelenjar endokrin yang seimbang menimbulkan keseimbangan yang baik dari semua hormon dan neurokimia yang diproduksi oleh sistem endokrin. Xanthone juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, mengeluarkan racun dari hati, dan lainya.
  • dapat menjaga Kesehatan Otak.

manfaat kulit manggis juga dapat membantu mencegah penurunan fungsi otak yang dapat mengakibatkan penyakit seperti demensia dan Alzheimer, juga mencegah terjadinya faktor kerusakan sistem syaraf yang dapat mengakibatkan penyakit Parkinson. Kandungan flavonoid di dalam kulit buah manggis bekerja untuk menghentikan kerusakan ringan pada memori otak.
  • Dapat Meningkatkan Kemampuan Tubuh Dalam Mengatasi Stress.

Di saat terjadinya stress, tubuh kita akan memproduksi hormon kortisol secara berlebihan. Zat Xanthone yang terdapat di dalam kulit manggis bekerja untuk menyeimbangkan kadar hormon kortisol sehingga secara alami tubuh mampu menurunkan tingkat depresinya serta meningkatkan mood.
  • Membantu menjaga Kesehatan Pencernaan.

manfaat kulit manggis dapat membantu untuk melindungi dan menurunkan kandungan asam yang tinggi pada lambung. Zat antimikroba dalam kulit manggis dapat memerangi bakteri, parasit dan jamur dalam perut. Selain itu juga, zat antimikroba tersebut bekerja untuk mengatasi iritasi usus besar dan usus kecil yang dapat menyebabkan gangguan fungsi pencernaan dan serta diare. Ekstrak kulit manggis juga mampu mencegah radang usus besar dengan cara menghambat infeksi pada kantong-kantong yang terdapat di lapisan usus besar.
  • Membantu Mencegah Batu Ginjal.

dengan mengkonsumsi ekstrak kulit manggis dalam jumlah tertentu secara rutin akan membuat anda mengeluarkan air seni lebih sering sehingga anda dapat terhindar dari penyakit infeksi saluran kemih dan juga masalah batu ginjal.
demikian share saya tentang manfaat kulit manggis, semoga bermanfaat, terima kasih.

Komentar

Posting Komentar