Waspada virus dan saudara-saudaranya



Lagi-lagi virus yah...emang virus bikin kita pusing...bikin kita kesal...tapi juga bikin kita waspada, karena dengan adanya virus kita jadi berhati-hati dalam berinternet atau browsing di dunia maya. oke..kita sering mendengar istilah virus, tapi virus yang satu ini bukan makhluk hidup loh, virus disini adalah virus komputer yang setiap saat bisa masuk ke komputer kita, bisa melalui internet, flashdisk atau sarana pertukaran data lainnya. Pengertian Virus adalah suatu software yang dapat memperbanyak dirinya ke suatu media penyimpanan file atau dokumen dan bahkan sarana pertukaran data lainnya seperti internet, flashdis,hardis,jaringan LAN tanpa di ketahui oleh pengguna komputer.

 Tanda-tanda dari komputer yang terserang virus sangat beraneka ragam mulai dari datangnya pesan-pesan yang aneh,komputer jadi lambat,tampilan komputer berubah,menghapus data pada hardis, sampe merusak file-file sistem komputer. Virus biasanya menyerang sistem perangkat lunak yang secara tidak langsung akan merusak perangkat keras,pada sistem operasi  virus meyerang pada windows 95,/98/98SE,windows NT,NT server,windows 2000,windows 2000 server,windows XP dan bahkan windows vista dan seven, umumnya virus memperbanyak diri dan memenuhi sistem resourch akibatnya penggunaan memori berlebihan tetapi komputer berjalan lambat.
Memang virus itu kebanyakan menyerang sistem operasi windows, kalo diitung-itung nih, virus menyerang sistem windows 95%,linux/GNU 2%,MAC 1%, da sisanya menyerang sistem operasi lainnya.Virus itu Menjengkelkan emang yah...bikin pusiing...apa lagi kalo udah ketemu dengan saudara-saudaranya virus....huuff...bikin kita pengin banting laptop aja.....ckkk...ckkk... (ssttt.....jangan di banting....laptop baru...belum lunas..hiik...hiik...)
                Siapa saudara-saudaranya virus itu? Dalam postingan kali ini akan di bahas juga tentang saudaranya virus yang ternyata jumlahnya tidak sedikit.who are they?siapa mereka yah...?
Dibawah ini Macam-macam saudaranya virus, antara lain :
  1. Worm.
Worm disebut juga dengan cacing komputer yaitu sebuah program yang memanfaatkan celah kelemahan yang terdapat di dalam komputer yang digunakan oleh virus untuk menginfeksi dan menggandakan dirinya kedalam komputer tanpa mengeksekusi file tertentu yang biasanya terdapat pada jaringan internet.istilah seperti ini dikenal dengan nama Vulnerability
  1. Trojan
Trojan ini merupakan software yang menginfeksi komputer dan akan mengontrol komputer yang terinfeksi melalui jaringan internet. Trojan sendiri merupakan varian dari malware yang dapat menimbulkan kerusakan yang parah pada komputer.dalam hal ini trojan membuat backdoor atau pintu lewat belakang...he..he..bahasa kerennya Remote Acces Trojans (RAT) dengan RAT trojan dapat mengendalikan kegiatan browsing menuju ke situs tertentu untuk memasukan virus yang lebih banyak lagi.
pembahasan trojan akan kita kupas lebih dalam lagi pada postingan berikutnya yah...he..he...?
  1. Spyware
Namanya juga spyware, asal katanya “spy” yang artinya “mata-mata” dan “software” yang berarti “perangkat/alat” jadi spyware adalah sebuah software yang digunakan untuk me”mata-matai” ata mengintai aktivitas browsing dan mengambil data pribadi pada komputer korban, tujuan dari spyware adalah mengambil data milik korban seperti nomor pin, no rekening , username dan paswodenya dan informasi tentang kartu credit untuk kepentingan sendiri atau untuk di jual ke pihak ketiga.tentang bahaya spyware sudah dibahas pada postingan sebelumnya.
  1. Adware
Saudara virus yang satu ini bertugas untuk memasukan pop ups pada browser seperti mozila,opera,internet explorer dan browser yang lainnya juga.Adware sendiri merupakan sebuah software yang mampu menampilkan iklan berupa banner pada web browser,tapi ada anggapan bahwa adware bersifat invasif,
Efek dari adanya adware adalah masuknya pop ups yang  mengganggu koneksi jaringan internet,koneksi internet jadi lambat karena banyaknya pop ups yang masuk,kinerja sistem komputer jadi lambat, ujung-ujungnya kerja kita jadi terganggu.
Waspadalah...! waspadalah...!waspadalah....! ternyata adware juga bisa di tumpangi spyware loh....
  1. Grayware
Grayware merupakan sebuah aplikasi yang tidak dapat diklasifikasikan sebagai virus atau golongan trojan lainnya, tapi masih negative dapat menginfeksi komputer pada jaringan,seringkali grayware melakukan tindakan yang merugikan pengguna internet dengan munculnya pop ups,merekam aktivitas pengguna dan mencari kelemahan dari sistem komputer.
Yups...itulah bahasan tentang virus dan saudaranya..penting untuk diperhatikan jika kita ingin aman dalam menjelajahi dunia internet agar terhindar dari bahaya virus dan saudaranya.tentang bagaimana cara browsing internet dengan aman akan kita bahas pada postingan berikutnya,
Salah satu cara agar aman dalam browsing ke dunia maya adalah dengan menggunakan anti virus dan anti spyware.
lihat video anti spyware berikut:

silahkan download anti virus dan anti spyware serta dapatkan layanan yang terbaik dari vendor mereka antara lain :
  1. Free scan online
  2. Free download
  3. Live suport
  4. Update data base terbaru
Terima kasih Semoga bermanfaat...

Komentar